Kamis, 04 Juni 2009

Yuk Senyum!!


Pernah mencoba menghitung sudah berapa kali Anda tersenyum sejak lahir? Mungkin kejauhan ya? Hari ini saja, coba hitung berapa kali Anda tersenyum?

Kalau belum tersenyum, coba deh tersenyum. Ini saya kutip dari blog-nya Mr Inner Smile (izin ya mister)
Banyak ahli yang menyarankan untuk tersenyum karena:

1. Senyum dan tawa akan mengurangi rasa nyeri dan sakit bahkan meningkatkan kekebalan tubuh (dr. Rosemary Cogan dari Texas Tech University).

2. Jika manusia berada dalam kondisi cemberut atau jarang tersenyum dan tertawa (stres) maka hormon adrenalinlah yang dilepaskan tubuh. Hormon tersebut justru merusak daya tahan dan kinerja organ tubuh hingga menyebabkan beberapa penyakit. Hidup penuh dengan senyum dan tawa akan terasa lebih segar serta bermanfaat dalam menekan stres. Meskipun berlangsung hanya sesaat, ternyata asenyum dan tawa memiliki pengaruh yang dapat bertahan cukup lama (Dra Tieneke Syaraswati ,S.Psi,S.Ed,M.Fil,A.Andr, psikolog dan dosen pengajar FKUI).

3. Senyum dan tawa juga menyehatkan jantung. Budhi Setianto, ahli penyakit jantung Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Jakarta mengatakan, dengan tawa, jantung jadi tidak berdebar terlalu kencang. Tertawa bisa membuat saraf simpatis (saraf yang membuat jantung berdenyut) akan bekerja. Pada awalnya, kerja jantung bertambah keras. Tapi, ketika tawa terus berlanjut, pikiran orang jadi rileks. Saraf parasimpatis ikut bekerja. Kerja jantung pun kembali normal. Saraf parasimpastis berfungsi melambankan denyut jantung.

4. Membuat kita awet muda. Prof. Dr. Lucille Namehow, seorang pakar yang menangani proses penuaan dari Connecticut, AS mengungkapkan fakta bahwa tertawa bisa membantu mereka yang sudah tua renta untuk tetap awet tua, sementara yang muda tetap awet muda, serta mempererat hubungan antara anggota keluarga.

5. Senyum dan tawa juga sangat baik untuk mereka yang sehat. Dr William Foy dari Universitas Stanford menyatakan, tertawa terpingkal-pingkal akan menggoyang-goyangkan otot perut, dada, bahu, serta pernapasan, sehingga membuat tubuh seakan-akan sedang joging di tempat. Sesudah tertawa, tubuh terasa rileks dan tenang, sama seperti orang habis berolahraga. Tertawa juga akan melatih diafragma torak, jantung, paru-paru, perut, dan membantu mengusir zat-zat asing dari saluran pernapasan. Di samping itu tertawa sangat ampuh untuk meringankan sakit kepala, sakit pinggang, dan depresi.

Jadi, kenapa masih enggan tersenyum? Senyumlah ke semua orang yang Anda temui. Selain senang, Anda juga sehat dan disenangi orang lain. Lagipula senyum kan ibadah.
Let's smile!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar